Galau gundah gulana

Galau Gundah Gulana

Galau Gundah Gulana

Saudaraku, Pernahkah kau terjatuh? Merasa rapuh bersama perjalanan waktu? Galau gundah gulana? Pernahkah engkau mengalami keadaan yang sulit, berbagai cobaan datang silih berganti, bermacam musibah datang menghantam tanpa ampun? Pernahkan kau menghadapi keadaan, yang mana daya upaya, berbagai cara, segala macam ikhtiar dan do’a telah kau panjatkan, akan tetapi permasalahan tak kunjung terselesaikan? Yang tersisa hanyalah kepasrahan atas segala kehendak-Nya, yang menyelimuti hati dan pikiran, pernahkah?

Itulah kehidupan. Bahwa kehidupan ini seperti roda, kadangkala kita berada di atas, ada kalanya pula kita berada di bawah. Roda terus berputar, atas dan bawah silih berganti seiring berjalannya waktu. Begitu juga sunnatullah, lapar berganti kenyang, duka lara berganti suka cita, gelap berganti secercah cahaya, kesulitan berganti kemudahan. Saudaraku, janganlah engkau bersedih bila terjatuh, ingatlah janji Allah dalam untaian Kalam-Nya!

(6)فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا(5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al- Insyirah: 5-6)

Q.S. 94 5

Sesungguhnya kesulitan itu tidak lepas dari kemudahan yang menyertai dan mengiringinya. Hal ini sudah menyertaimu secara praktis. Maka ketika terasa berat beban tugasmu, Kami lapangkan dadamu, sehingga terasa ringan beban yang memberatkan punggungmu. Kemudahan akan selalu mengiringi kesulitan, menghilangkan beban dan rasa beratnya. (Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an, Sayyid Quthb, Terjemahan Indonesia)

Saudaraku, bahkan Allah mengulang kalimat yang sama dalam 2 ayat yang berurutan, ‘Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.’

Maksud dari kata-kata ini adalah, bahwa dala kedua kejadian, kata ‘kesulitan’ diberi artikel awalan pasti ‘al’ karena kesulitan yang dimaksud tunggal. Sedangkan kata ‘kemudahan’ dibiarkan tanpa artikel karena kemudahan yang dimaksud tidak terbatas. Jadi kalimat pertama dan kedua merujuk pada satu kesulitan yang datang bersama banyak kemudahan. (Tafsir Ibnu Katsir, Terjemahan Indonesia)

Atau menurut kaidah bahasa Arab, kata kesulitan (الْعُسْر) disebut ism ma’rifat. Penggunaan ‘al’ disini sama seperti penggunaan ‘the’ pada bahasa inggris. Jadi kesulitan yang dimaksud itu tertentu dan kemudahan (يُسْرًا) yang dimaksud di sini tidak ada batasnya, ism nakirah.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam juga kerap kali menghadapi berbagai kesulitan dalam dakwah beliau. Caci maki, penganiayaan, pemboikotan pernah beliau rasakan. Pahit getirnya perjuangan menyebarkan Islam pada umat jahiliyah. Namun kesabaran ketabahan beliau sungguh luar biasa dalam menyikapi dan menghadapi segala yang menghalangi beliau.

Q.S. 94 6

Jadi saudaraku, janganlah berputus asa karena bersama setiap kesulitan yang kita hadapi pasti ada berbagai kemudahan yang lebih banyak menyertai. Bersama setiap tugas yang kita terima, banyak pelajaran luar biasa yang akan kita dapatkan.

Sedikit mengutip dari dakwatuna.com,

Sahabat, selalu berprasangka baiklah atas ketentuan Allah terhadap diri kita, karena itulah yang terbaik, janganlah merasa terhimpit sejengkal pun, karena setiap keadaan pasti berubah. Dan sebaik-baik ibadah adalah menanti kemudahan dengan sabar. Betapapun, hari demi hari akan terus bergulir, tahun demi tahun akan selalu berganti, malam demi malam pun akan datang silih berganti. Meski demikian, yang gaib akan tetap tersembunyi dan Sang Maha Bijaksana tetap pada keadaan dan segala sifat-Nya. Dan Allah mungkin akan menciptakan sesuatu yang baru setelah itu semua.

Yakinlah saudaraku, bahwa Allah pasti akan mengganti segala galau gundah gulana, awan mendung di hati dan pikiran kita, dengan secercah cahaya harapan yang membimbing kita pada cahaya-cahaya yang lain. Wallahu a’lam bis-shawab.

Penuulis: Muhammad Salman Al-Farisi

Foto: Fuad Ikhwanda

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:D :) :( :eek: :o :-S 8) :oops: ;-( :lol: :| :x :P :mrgreen: :wink: :dizzy: :roll: :arrow: :idea: :?: :!: :evil: 0==(D)