Mega-proyek Ramadhan

ramadhanAlhamdulilah, pada 21 Juli 2012 KMI-Sendai menyelenggarakan buka bersama sebagai rangkaian program SERIUS 1433 H. Pada edisi pembukaan ini disampaikan materi penyemangat dengan topik “Mega-proyek Ramadhan”. Ada sekurangnya 7 mega-proyek yang dirangkum oleh Mas Jimmy yang menyampaikan materi tersebut. Mari kita lihat satu per satu.

Pertama, Proyek Jutaan Kebaikan Ramadhan

Adalah dengan kita membaca Al Qur’an minimal 1 Juz setiap hari. Imam At Tirmidzi dalam hadits Hasan Shahih dari Abdullah bin Mas’ud ra. meriwayatkan, Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ حَسَنَةٌ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ: ألم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ، وَلَامٌ حَرْفٌ، وَمِيمٌ حَرْفٌ

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, namun alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.

Sederhananya kita bisa katakan: satu juz Al qur’an kira-kira berjumlah 7000 huruf kali satu huruf dengan 10 kebaikan kali pahala 70 kewajiban = 4.900.000 (empat juta sembilan ratus ribu) kebaikan. Jika kita mampu mengkhatamkan Al Qur’an satu kali saja di bulan Ramadhan, maka biidznillah meraih 147 juta kebaikan. Jika Anda mengkhatamkan tiga kali: 147 dikali 3 = 441 juta kebaikan, padahal Allah melipatgandakan pahala kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya.

Kedua, Proyek Terhindar dari Neraka dan Penyakit Nifaq

Proyek ini akan kita raih dengan selalu menjaga shalat lima waktu di masjid dengan mendapatkan takbiratul ihram awal imam. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa Sallam:

مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الأُولَى كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَتَانِ، بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ وَبَرَاءَةٌ مِنَ النِّفَاقِ

Barangsiapa yang shalat karena Allah empat puluh hari secara berjama’ah dengan mendapatkan takbiratul ihram pertama imam, maka ia dipastikan akan terhindar dari dua hal: terhindar dari api neraka dan terhindar dari penyakit nifaq atau munafiq.

Ketiga, Proyek 30 Kali Haji dan Umrah

Yaitu dengan menunggu di masjid setelah shalat berjama’ah Subuh sampai terbit matahari dengan melakukan shalat dua rekaat Dhuha. Imam At Tirmidzi meriwayatkan dengan hadits Hasan bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda:

 من صلى الفجر في جماعة ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين، كانت له كأجر حجة وعمرة  تامةّ، تامةّ، تامةّ

Barangsiapa yang shalat Shubuh berjama’ah kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.

Keempat, Proyek Do’a Tak Tertolak

Dengan cara melaksanakan seruan Allah, “Dan Tuhan kalian berfirman: Berdo’alah kepada-Ku, Pasti Aku kabulkan permintaan kalian.” [QS Ghafir: 60]

Dan hadits Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa Sallam:

ثلاثة لا ترد دعوتهم: الصائم حتى يفطر، والإمام العادل، ودعوة المظلوم يرفعها الله فوق الغمام وتفتح لها أبواب السماء ويقول الرب: وعزتي وجلالي لأنصرنك ولو بعد حين

Tiga kelompok yang tidak akan ditolak do’anya: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka. Pemimpin yang adil. Dan do’a orang yang teraniaya. Allah menyibak awan dan membuka pintu-pintu langit seraya berfirman: “Demi kemulian-Ku dan keagungan-Ku, pasti Aku tolong kamu, walau setelah beberapa waktu.” [HR Ahmad dan At Tirmidzi]

Maka kita bisa mengkhususkan waktu untuk berdoa setiap harinya, terutama di waktu-waktu diistijabahnya doa, seperti sebelum berbuka, ketika sahur, atau di sepertiga malam terakhir.

Kelima, Proyek 30 Rumah di Surga

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa Sallam bersabda:

ما من عبد مسلم يصلي لله تعالى كل يوم اثنتي عشرة ركعة تطوعاً غير الفريضة إلا بنى الله له بيتاً في الجنة

Tidaklah seorang hamba muslim yang melaksanakan shalat karena Allah setiap hari berjumlah 12 rakaat sunnah selain yang wajib, kecuali Allah membangunkan baginya rumah di surga.

atau di hadist lainnya:

Barangsiapa menjaga dalam mengerjakan shalat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga, yaitu empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelah zhuhur, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum shubuh.” [HR. At-Tirmizi no. 379 dan An-Nasai no. 1772 dari Aisyah]

Jika setiap hari kita bisa menjaga 12 raka’at sholat sunnah, dalam sebulan kita bisa mendapatkan 30 rumah di surga.

Keenam, Proyek Malam Sepanjang Umur

Yaitu dengan menghidupkan malam lailatul Qadar, malam ketika Al Qur’an diturunkan [lihat Surat Al-Qadr: 1-5].

Ketujuh, Proyek Melipatgandakan Pahala Puasa

Ini bisa diperoleh dengan memberi makan berbuka orang berpuasa. Jika kita berpuasa dan kita juga memberi orang lain makanan berbuka puasa, insya Allah kita mendapat pahala orang yang kita beri makanan berbuka.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. [HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al-Juhani. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:D :) :( :eek: :o :-S 8) :oops: ;-( :lol: :| :x :P :mrgreen: :wink: :dizzy: :roll: :arrow: :idea: :?: :!: :evil: 0==(D)