Makanan Halal Tanya KMIS

Halalkah lab grown meat?

Apa hukumnya memakan “lab-grown meat”? Lab-grown meat adalah daging ditumbuhkan di dalam laboratorium dengan cara mengambil sel dari binatang yang masih hidup (tanpa membunuh si binatang). Binatang yang ditanyakan di sini tentunya bukan binatang yang jelas jelas haram seperti babi. Sekarang mulai muncul produk daging yang seperti itu di pasaran.

Jawaban oleh Ustadz Fata Fahmi*:

Bismillaah walhamdulillaah washshalaatu wassalaamu ‘alaa Rasuulillaah. Amma ba’du.

Istilah “lab-grown meat” memiliki banyak istilah lain semisal “synthetically produced burgers”, pengulturan daging, artificial meat, dan lainnya. Proses pembuatan/produksi/pengembangan daging bisa berasal dari sel nabati dan juga sel hewani, yang merupakan pengembangan teknologi di zaman ini.

Secara proses detailnya kami tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk masalah ini. Namun, secara umum kehalalan daging/makanan seperti ini dapat mempertimbangkan salah satu fatwa yang sudah ada di negara lain:
http://darulfiqh.com/are-synthetically-produced-burgers-from-stem-cells-halal/

Singkatnya:

1. Jika daging ditumbuhkan dari sel nabati dan diproses tanpa mnggunakan zat dan bahan-bahan yang haram, lalu produknya tidak menghasilkan produk yang tidak sehat maupun memabukkan, maka insyaallah daging yang seperti ini halal.

2. Jika daging ditumbuhkan dari sel hewani, maka hewan yang digunakan haruslah hewan halal yang SUDAH DISEMBELIH, diproses dengan cara halal, dan tidak ada tambahan zat-zat yang haram. Dengan demikian, insyaallah produk dagingnya menjadi halal.

(Catatan: Jika hewan belum disembelih, kita tidak bisa menentukan kehalalan produk daging yang ditumbuhkan itu karena yang namanya daging memiliki status halal adalah ketika sudah disembelih dengan cara yang benar. Oleh karena itu, lebih baik hindari daging buatan yang diperoleh dari binatang yang masih hidup.)

Wallahu A’lam.

*Ustadz Fata Fahmi, Ketua Bidang Ibadah Keluarga Masyarakat Islam Indonesia sekaligus staf pengajar di Sekolah Republik Indonesia Tokyo

Related posts

Shalat bagi wanita yang sedang menunggu proses kelahiran

KMI Sendai

Shalat dalam kendaraan atau berhenti dulu di tempat terbuka

KMI Sendai

Tanya KMIS: Bolehkah Shalat Jumat Hanya Dengan Dua Orang dan Tidak Dilaksanakan Di Masjid?

KMI Sendai

Leave a Comment

:D :) :( :eek: :o :-S 8) :oops: ;-( :lol: :| :x :P :mrgreen: :wink: :dizzy: :roll: :arrow: :idea: :?: :!: :evil: 0==(D)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.